30.6.09

Figur Betawi jaman doeloe hingga sekarang

Benyamin Sueb adalah figur yang sangat lekat dengan betawi, tidak bisa dipungkiri jika kita mendengar nama betawi maka kita pasti akan teringat dengan sosok Benyamin Sueb yang lagak lagu nya sangat Betawi sekali, cara bicaranya,bahasa nya yang cablak namun berisi, penampilannya yang seperti pendekar Betawi. Saya kadang juga berpelikaku seperti itu apalagi saya berasal dari daerah jakarta dalam pergaulan saya masih mengunakan logat betawi yang cukup ketara. Saya orang betawi asli yang kebudayaan betawi lekat di keluarga saya,nenek saya berkomunikasi degan logat betawi yang sangat kental,walau ibu dan ayah saya sudah lebih modern dibanding nenek saya,namun suasana betawi di keluarga saya tetap terasa. Benyamin Sueb tidak hanya menyanyi,dia juga bermain film, menyutradarai film, dia sangat terkenal di indonesia, lagu-lagunya menjadi sangat populer pada masa nya. Karirnya di awali dengan menjadi penyanyi dan pemusik. Benyamin Sueb telah menghasilnya banyak sekali lagu lagu,dari ujan gerimis aje,nangke lande,ondel-ondel,kompor meleduk, dengan lirik yang asik dan menarik. di lagu-lagu tesebut dia berduet dengan Ida Royani,namun setelah Ida Royani hijrah ke Malaysia tahun 1972, Bang Ben (nama panggilan benyamin sueb) mencari pasangan duetnya. ia menggaet Inneke Koesoemawati dan berhasil meliris beberapa lagu, diantaranya djanda kembang, semut djepang, dan penganten baru. Lewat popularitasnya  didunia musik,Benyamin mendapatkan kesempatan untuk main film. Kesempatan itu tidak disia-siakan. Beberapa  filmnya seperti Benteng Betawi, biang kerok, intan berduri serta yang terakhir adalah Si Doel Anak Modern yang disutradarai Syumanjaya, semakin mengangkat ketenarannya. Dalam beberapa filmnya dia mendapatkan penghargaan sebagai peran utama terbaik. Dalam dunia musik, Bang Ben adalah seorang seniman yang berjasa dalam mengembangkan seni tradisional betawi,khususnya kesenian Gambang Kromong. Lewat kesenian itu pula nama benyamin semakin popular. Tahun 1960, Presiden Soekarno  melarang diputarnya lagu-lagu asing di indonesia, pelarangan tersebut ternyata tidak menghambat karir musik benyamin, malahan kebalikannya. Dengan kecerdikannya, bang ben menyuguhkanmusik Gambang Kromong yang dipadu dengan unsur modern. Pada akhir hayatnya, benyamin juga masih bersentuhan dengan dunia panggug hiburan . Selain main sinetron /film televisi ( Mat Beken dan Si Doel Anak Selkolahan) ia masih meliris album terakhirnya dengan terakhirnya dengan grup Rock Al-Haj bersama keenan nasution. itulah cerita singkat tentang karir benyamin sueb, tokoh yang juga menjadi favorit saya. semua memori tentang Bang Ben akan selalu dikenang dihati pencintanya,saya yakin bangben akan selalu menjadi ikon Betawi hingga akhir jaman

dokumentasi:




















sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Benyamin_Sueb

No comments:

Post a Comment